Jogja Marching Day 2016

 

jogja marching day 2016

Acara ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh KBMBY (Keluarga Besar Marching Band Yogyakarta). Acara ini diselenggarakan untuk menjalin silaturahmi antar unit Marching Band di Indonesia khususnya Yogyakarta, seperti MB Universitas Gadjah Mada, MB Universitas Islam Indonesia, MB Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, CDB Universitas Negeri Yogyakarta, MB Atmajaya, DC Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan DC Saraswati Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Tahun ini Jogja Marching Day dilaksanakan di ISI (Institut Seni Yogyakarta) Jalan Parangtritis KM 6,5 Sewon, Bantul, Yogyakarta pada hari Sabtu-Minggu , 28-29 Mei 2016. Jogja Marching Day kali ini diikuti oleh 421 peserta dari unit-unit Jogja sendiri dan luar Jogja yaitu Unsoed, SPDC, UNS, UMS, IAIN, MB UNRAM serta peserta-peserta independent lainnya yang berasal dari Semarang, Jepara, Pati, Kudus, Demak, dan Balikpapan.

 

Pada tahun ini Marching Band Universitas Islam Indonesia mengirim 39 peserta untuk mengikuti Jogja Marching Day 2016 mengusung tema Pesona Indonesia “Archipelago” yang lebih ingin mengenalkan kepada peserta tentang pulau-pulau yang ada di Indonesia terutama pulau-pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan lain-lain dan dapat dilihat dari judul paket yang dibawakan adalah “Archipelago Medley” yaitu medley dari beberapa lagu daerah kepulauan Indonesia. Jogja Marching Day 2016 menghadirkan coaching clinic dengan pemateri yang sudah tidak dapat diragukan lagi seperti Fataji Susiadi S.Sn (pit instrument), I Nyoman Trieswara S.sn (battery), Rahmatullah (Brass), Anggo Marantika dan Fajar Arma Syah (color guard). Pada hari pertama peserta dibagi menjadi kelompok sesuai dengan divisinya masing-masing untuk menggali ilmu yang tentunya sangat luar biasa dan pastinya sangat bermanfaat dari orang-orang hebat tersebut. Pada malam harinya keseruan berlanjut dengan malam pentas seni yang semakin mempererat kedekatan antar peserta yang menampilkan beberapa drama dan yel-yel.

Pada hari kedua, peserta latihan bersama dari pagi hingga sore dan pada malam harinya ditutup dengan Show Time di dalam Gedung Serba Guna ISI yang membawakan paket lagu Archipelago Medley yang telah para peserta pelajari seharian dengan sangat apik dan memuaskan. Harapan dari agenda tahunan ini adalah tidak hanya menambah skill dari para peserta namun yang terlebih penting lagi adalah tali persaudaraan yang harus tetap dijaga antar pemain Marching Band se-Indonesia.

Share this post