MBUII Festival – Milad MBUII ke-33

glowing mb uii jogja

Marching Band Universitas Islam Indonesia (MBUII) dalam usianya yang ke-33 tahun,  sebuah sejarah, kerja keras dan harapan untuk menjadikan organisasi ini lebih baik dari masa ke masa. Berawal dari tahun 1980-an, yang diawali dengan dibentuknya Unit Drum Band Putri Universitas Islam Indonesia (DB Putri UII) dengan tujuan syiar Islam, merupakan cikal bakal dari MBUII. Seiring dengan perkembangan dan dukungan dari berbagai pihak serta berbagai macam kegiatan dan prestasi yang pernah ditorehkan, maka tepat pada tanggal 25 Februari 1984 diperingati sebagai hari jadi MBUII atau yang biasanya kita sebut sebagai Milad. Milad dalam MBUII biasanya diadakan dalam bentuk ceremony dan atau pagelaran. Pagelaran MBUII merupakan suatu kegiatan dalam rangka untuk merayakan Milad MBUII dalam bentuk hiburan berbagai macam penampilan. Pagelaran MBUII telah diadakan dua kali dalam 5 tahun terakhir yaitu pada tahun 2012 dan 2015. Pada tahun 2012 diadakan pagelaran Milad MBUII yang ke-28 dengan tema “Potret Hitam Putih: Perjalanan yang Komplementer”. Kemudian diadakan kembali pada tahun 2015 dengan umur yang sudah mencapai tahun ke-31 dengan tema “Behind The Star: Pengorbanan dibalik bintang yang bersinar”.

Seiring dengan berjalannya waktu, sampailah MBUII menginjak usia ke-33 pada tahun 2017 yang telah  melewati waktu dari proses pendewasaan hingga menuju ke tahap berikutnya. Untuk menjadi band yang diakui oleh banyak kalangan tentunya tidak mudah, apalagi mencoba untuk lebih bersinar diantara banyaknya band yang ada pada saat ini. Seperti yang sudah dipaparkan dalam pagelaran milad sebelumnya bahwa begitu banyak proses yang harus dilalui untuk menggapai sebuah tahap jaya atau masa keemasan. Sebuah kejayaan atau masa keemasaan tidak bisa dikatakan sempurna bila tidak diiringi dengan keharmonisasian dalam sebuah lagu yang dibawakan oleh sebuah band itu sendiri. Harmonisasi telah menjadi cermin tersendiri bahwa band tersebut telah mencapai hal yang baik dalam sebuah tahap proses yang cukup panjang yang telah dilalui.  Proses perjuangan yang sebelumnya telah dipaparkan, pada tahun ini diaplikasikan kedalam sebuah bentuk pertandingan perlombaan yang dimana pertandingan tersebut bertujuan untuk membantu para partisipan untuk berjuang memperjuangkan kejayaan band mereka agar lebih gemilang kedepannya. Dengan perjuangan serta persaingan secara positif ini diharapkan dapat menjalin ikatan antara pemain dan mendapatkan esensi dari proses selama berlatih. Dalam proses tersebut sudah ada banyak sekali hal yang luar biasa yang bisa dijadikan pelajaran serta pengalaman yang sangat berharga dan tak ternilai. Dibalik semua itu yang tak kalah luar biasa adalah adanya usaha dan kerja keras orang-orang yang mau berusaha menciptakan hasil karya yang dimana hasil karyanya pun dapat bersinar diantara keharmonisan lagu yang mereka bentuk.

Dengan tema besar Glowing in The Harmony “Turn on your skill in the real show performance”  tahun ini Marching Band Universitas Islam Indonesia mengadakan Pagelaran Milad XXXIII dengan mengangkat musik bertemakan “Tribute to Indonesia’s Ladies Singer” sebagai puncak dari seluruh kegiatan MBUII Festival dan juga sebagai media entertaint dan wujud eksistensi MBUII yang akan diadakan di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta pada tanggal 25 Maret 2017, pagelaran ini akan menampilkan sebuah drama musikal yang berkolaborsi dengan teater Djemuran dari Fakultas Teknologi Industri UII. Tak hanya itu penyanyi kondang wanita Indonesia, TIA AFI juga menjadi salah satu bintang tamu yang akan menambah kemeriahan dan kemegahan pagelaran Milad MBUII yang ke-33 ini dan disandingkan  dengan kegiatan utama Perlombaan Drum Band TK dan SD Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan nama “Indonesia’s Marching Kids Competition” yang akan diadakan  di Gedung Olahraga Ki Bagoes Hadikoesoemo pada tanggal 11-12 maret 2017, hasil mahakarya luar biasa dari seluruh perjuangan yang tidak mudah untuk dilalui. Kita tahu bahwasanya banyak unit Drum Band TK dan SD di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, dari situ lah terlihat antusias dari berbagai sekolah TK dan SD akan kegiatan Drum Band ini membuat kami semua tersadar bahwasanya mereka ialah para pemuda yang notabene akan menjadi penerus bagi kita dan akan membawa nama baik Indonesia dimanapun mereka berada. Adapun kegiatan pendukung dari agenda MBUII Festival ini yaitu kegiatan donor darah sebagai bentuk kegiatan sosial untuk menimbulkan rasa kepedulian sesama umat manusia yang akan dilaksanakan pada 02 Maret 2017.

Harapan Dody Triguno, selaku President Director MBUII Festival “MBUII Festival bisa sukses acaranya, setiap rangkainnya bisa bermanfaat untuk semua orang yang terlibat. MBUII Festival ini kita tau bahwa acara pertama yang ada lomba drum band yang kita namai dengan Indonesia’s Marching Kids Competition. Semoga IMKC di tahun pertama ini dapat lebih menumbuhkan semangat juang adek-adek kita dalam berlomba, yang mana kita tau mereka lah para penerus bangsa. Semoga baik penikmat acara ataupun panitia dapat mengambil hal-hal positif dari acara yang kita selenggarakan ini. MBUII semakin dikenal di luar sana dan bisa lebih menjalin tali persaudaraan dengan pihak manapun. aamiin”

 

 

 

Share this post