Marching Band UII Gelar Kompetisi Tingkat TK & SD

Festival-MB
Sumber foto: uii.ac.id

Marching Band Universitas Islam Indonesia (MB UII) sukses menggelar Indonesia’s Marching Kids Competition (IMKC), sebuah kompetisi Marching Band bagi pelajar tingkat Taman Kanak-Kanak (Tk) dan Sekolah Dasar Kegiatan yang digelar di Gedung Olahraga Ki Bagoes Hadikoesoemo UII (GOR UII) ini merupakan rangkaian dari acara memperingati Milad MB UII yang ke-33.

Beberapa rangkaian acara sebelumnya telah sukses digelar, di antaranya yakni acara seremonial milad pada 25 Februari yang lalu tepat pada saat hari ulang tahun MB UII. Selain itu, pada 2 Maret MB UII juga menggelar kegiatan donor darah yang dibuka untuk umum. Penyelenggaraan IMKC sendiri merupakan kegiatan ke-3 dalam rangkaian Milad MB UII pada tahun ini. Selanjutnya, pada 25 Maret mendatang akan dilaksanakan malam inagurasi sebagai acara puncak dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan.

Acara yang dibuka langsung oleh Beni Suratno, ST., M.Soft.Eng., Direktur Pembinaan Bakat/Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa UII ini merupakan acara kompetisi pertama yang diselenggarakan oleh Marching Band UII. Disampaikan Hilman Fajri selaku Ketua Panitia, meskipun baru pertama kali diadakan, namun IMKC mendapat respon yang sangat baik dari sekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta. Terbukti sejumlah 14 Sekolah, 11 dari tingkat TK serta 3 dari tingkat SD turut ambil bagian dalam kompetisi Marhcing Band tersebut.

Hilman Fajri menuturkan, dalam kompetisi ini terdapat 3 jenis piala yang diperebutkan, yakni Piala Gubernur DIY, Piala Bupati Sleman, serta piala Rektorat UII. Hilman Fajri menambahkan, kompetisi seperti IMKC ke depan diharapkan dapat lebih sering diadakan. Selain sebagai ajang kompetisi kreativitas anak, kegiatan seperti ini menurutnya juga mampu melatih insting dan sensorik anak khususnya dalam bermusik. “Semoga dengan adanya kompetisi seperti ini bisa lebih mendorong sekolah-sekolah yang ada di jogja, khususnya TK dan SD untuk dapat terus mengembangkan bakat yang dimiliki siswanya dalam bermain musik,” ungkap Fajri.

Sementara disampaikan Beni Suranto, UII pada dasarnya sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan-kegiatan sepeti IMKC. Hal ini tidak lain sebagai wujud nyata UII mendorong berkembangnya potensi dan kreativitas generasi muda melalui kegiatan yang positif. Ia menambahkan, ke depan kegiatan seperti ini diharapkan dapat diselenggarakan dalam lingkup yang lebih luas dan mengundang partisipan dari luar wilayah Yogyakarta.

Suksesnya acara yang digelar oleh MB UII tampak dari euforia semangat yang ditunjukan oleh para peserta kompetisi pada saat penampilan di panggung. Tak kalah dengan peserta yang bertanding, semangat juga ditunjukan oleh penonton dan pendukug tiap sekolah. Beberapa sekolah bahkan menyiapkan yel-yel tertentu untuk menyemangati siswanya ketika akan tampil. Kemeriahan dalam acara ini dilengkapi dengan dekorasi venue yang menarik perhatian penonton dan peserta lomba. (MHH/RSH)

“Sumber : https://www.uii.ac.id/marching-band-uii-gelar-kompetisi-tingkat-tk-sd/”

Share this post