Tips N Trick Puasa Tetap Beraktivitas!

Puasa bukanlah halangan untuk tidak beraktivitas seperti biasa. Justru puasa dapat dijadikan sebagai motivasi dalam beribadah. Saat menjalankan ibadah puasa, seluruh tubuh kita terasa lemas dan tidak bersemangat karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan maupun nutrisi. Tubuh pun terkadang merasa kantuk karena kurang tidur saat bangun sahur. Hal seperti ini jangan menjadi penghalang untuk kita melakukan aktivitas. Untuk menjaga stamina kita agar terjaga dengan baik, beberapa tips dalam semangat menjalankan aktivitas:

1. Niat
Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa. Agar lebih bersemangat menjalaninya, niatkan berpuasa dengan khusuk dan dengan sebaik-baiknya. Targetkan semangat bekerja karena akan mendatangkan pahala sebagai perjuangan sambil berpuasa. Dengan niat dan target ini, niscaya akan menjaga kondisi tubuh, hati, dan lingkungan yang positif.
2. Perhatikan Pola Makan Sahur
Sahur merupakan kegiatan yang diisi dengan makan sebelum menjalankan puasa. Pasalnya, dengan sahur maka kebutuhan akan nutrisi dan kerja tetap terpenuhi. Sahur yang baik bukan berarti jika anda mengkonsumsi makanan terlalu berlebihan. Namun, menu sahur yang sehat yaitu mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi yang cukup untuk tubuh. Oleh karena itu, agar anda tetap semangat menjalankan aktivitas saat puasa dan tidak mudah lelah, anda harus makan sahur dengan baik dan sehat. Apabila dibutuhkan anda bisa mengkonsumsi supleman atau vitamin.
3. Konsumsi Air Putih yang Cukup
Meskipun anda sedang puasa, tetapi anda tetap harus menjaga kebutuhan cairan tubuh anda agar terhindar dari keadaan dehidrasi. Sangat dianjurkan untuk minum air putih yang banyak ketika sahur. Serta konsumsi juga banyak air putih pada saat buka puasa. Selain dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi, air putih juga bermanfaat untuk organ tubuh lainnya seperti hati dan ginjal.
4. Perhatikan Pola Tidur
Ketika puasa maka tubuh akan mudah lelah. Kelelahan tersebut jangan diperparah dengan pola tidur yang anda terapkan. Jangan sampai anda menerapkan pola tidur yang buruk. Efek buruk kurang tidur dapat membuat tubuh cepat letih, lemas dan lesu, serta akan mengganggu konsentrasi pada saat menjalankan aktivitas sehari-hari sehingga semangat pun akan hilang. Memperhatikan pola tidur merupakan cara agar tetap semangat beraktivitas saat puasa yang tepat.
5. Olahraga
Bulan puasa bukan berarti jadwal olehraga kita juga harus puasa. Dengan berolah raga tubuh kita malah akan lebih fit dan bugar. Yang perlu diperhatikan adalah porsi olahraga. Selama berpuasa lakukan olah raga yang ringan. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh kita.

Yuk mari dijaga beberapa tips diatas agar aktivitas latihan kita dapat berjalan dengan lancar dan energi kita selalu siap dan kuat untuk menjalankan aktivitas kita seperti biasa!

Sumber Pendukung:
http://www.daftarmenarik.com/2016/06/cara-agar-tetap-semangat-beraktivitas-saat-puasa.html

Share this post